Selasa, 01 September 2015

Madya Hari Ini 1 September 2015

Selasa, 01 September 2015







Dari Jakarta terkait Demo Buruh Yang Jatuh Hari Ini

Massa serikat buruh se-Jabodetabek akan menggelar aksi demo besar-besaran di kawasan Istana Negara, Jakpus, hari ini. Demo terjadi akibat kenaikan harga dolar dan terpuruknya rupiah yang menyebabkan buruh semakin terhimpit oleh biaya hidup yang semakin tinggi dan rawan akan Pemutusan Hubungan Kerja karena tidak sanggupnya Perusahaan melanjutkan proses produksi karena bahan baku yang mahal alias gulung tikar. Titik konsentrasi massa demo buruh di Jakarta berpusat di Bundaran Hi dan Istana Negara. Dari Bundaran HI, massa akan melakukan long march ke Istana Negara. Demo buruh hari ini bukan hanya terjadi di Jakarta melainkan di kota – kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Medan, dan Makasar



Dari Surabaya

Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur meminta Gubernur untuk meninjau ulang kenaikan upah minimum karyawan di 38 kabupaten di Jawa Timur. Pasalnya, banyak perusahaan yang pailit akibat tidak mampu membayar upah karyawan sehingga jalan pintas PHK pun dilakukan. Terlebih nilai tukar rupiah yang semakin terpuruk dan menembus Rp. 14.000,- membuat banyak perusahaan yang tidak mampu menjalankan proses produksinya. Berdasarkan informasi, upah pekerja Ring-1 di Jawa Timur pada 2015 sudah tembus Rp2,7 juta, Adapun wilayah yang masuk kategori Ring I ini antara lain Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Alhasil, dalam kurun Januari hingga Juli 2015 sebanyak 3.748 karyawan terpaksa dipulangkan. 


Dari Ngawi

Kecelakaan lalu lintas terjadi di utara Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tempuran, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim), Senin (31/8/2015) sekitar pukul 19.30 WIB malam kemarin. Kecelakaan itu melibatkan bus Mira berpelat nomor S 7180 US dan truk bermuatan tebu berpelat nomor L 8982 UN. Insiden di dekat SPBU Tempuran tersebut juga melibatkan sepeda motor dan mobil boks. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, bus Mira melaju dari selatan sedangkan truk bermuatan tebu dari arah utara dan bus melanggar marka, terlalu ke kakan melawan arah. Dan Kecelakaan tak bisa terhindarkan. Ttidak ada korban jiwa dalam kecelakaan di utara SPBU Tempuran, Ngawi tersebut. Namun, sopir bus Mira dan sopir truk bermuatan tebu mengalami patah tulang. Kedua korban langsung dilarikan ke RSUD dr. Soeroto dan RS Widodo, Ngawi untuk mendapatkan perswatan intensif.

Terkait IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih perkasa di tengah pelemahan bursa regional Asia di sesi pertama perdagangan, Senin kemarin (31/8). Data RTI menunjukkan indeks naik 0,77% atau 34,15 poin ke level 4.480,36 pukul 12.00 WIB. Tercatat 139 saham naik, 100 saham bergerak turun, dan 75 saham stagnan. Perdagangan sesi pertama ini melibatkan 2,7 miliar lot saham dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,6 triliun. Diprediksi IHSG hari ini akan melemah akibat adanya demo buruh yang dilakukan di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya, dan Makasar. Hari ini Rupiah diperdagankan Rp. 14.094 untuk harga beli dan Rp. 14.084 untuk harga jual.


Harga Bahan Pokok Rata - Rata Di Kota Madiun Berdasarkan Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur tanggal 30 Agustus 2015

Rp. 33.000,- turun dari Rp. 35.000,-
Gula Pasir Dalam Negeri
Rp. 11.300,- naik dari Rp. 10.600,-

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 RadioMadya.com. Designed by -Irsah
Back to top